Wednesday, 13 November 2013

Datang dan Pergi

Satu hal yang realistis jika siklus datang dan pergi itu terjadi secara berkala dalam kehidupan manusia. Karena setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Akan tetapi terkadang kita tak pernah membuka mata ketika kita sudah terlelap dalam hangatnya rasa dan Tuhan hadirkan yang dinamakan 'Cinta & Kasih'. Adakalanya kita juga sulit menerima arti dari sebuah 'kehilangan' dan 'kepergian', karena insting m...anusia pada hakikatnya menolak impuls yang bersifat negatif. Tapi semestinya kita menyadari betul akan hal itu supaya kita mempersiapkan mental dan hati kita ketika masanya telah tiba.

Kita tak perlu mengeluh 'kenapa dia ninggalin aku?' atau 'kenapa harus pergi secepat ini?' karena cepat atau lambat semua yang datang pasti akan pergi dan segala apa yang kita miliki pasti akan di ambil kembali.

Sikapi dengan mencurahkan semuanya pada Allah semata. Jika perlu seseorang untuk menjadi sandaran, cukup ungkapkan untuk mencari solusi, bukan untuk mengeluh dan melampiaskan kekesalan.
Tak perlu juga kita menyalahkan orang yang meninggalkan kita tanpa kita menyadari kesalahan kita. Tak perlu kita menyalahkan keadaan, curahkan keluh dan kesah kita kepada Allah, karena hanya Dia-lah satu-satunya Yang Maha Mengerti.

Ketika kita yakin bahwa ini bagian dari cobaan dan ujian, maka bulatkan tekad untuk mampu bangkit dari keterpurukan kita.
Laa yukallifullaahu nafsan illa wus'ahaa (Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. <QS. Al-Baqarah:283>)

Tiada lain yang dapat kita ambil dari suatu peristiwa selain hikmah di dalamnya.
Yu'tilhikmata man yasyaa u wa man yu'tilhikmata faqad uutiya khairaan wamaa yadzdzakkaru illaaa ulul albaabi (Dia Memberikan hikmah kepada siapa yang Dia Kehendaki. Barangsiapa diberi hikmah, sesungguhnya dia telah diberi kebaikan yang banyak. Dan tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang mempunyai akal sehat. <QS. Al-Baqarah:269>)

So, masih mau galau karena ditinggal pergi?
Ada Allah bersama kita =))
Ayo, keep spirit!

Wallahu a'lam...



-October 24, 2013- 

No comments:

Post a Comment